5 TIPS MENGATASI MATA PELEJARAN YANG TIDAK DISUKAI
5
TIPS MENGATASI MATA PELAJARAN YANG TIDAK DISUKAI
Seorang pelajar yang jenius sekalipun belum bisa
dipastikan pelajar tersebut menyukai semua mata pelajaran yang sedang diampuh.
Bagaimana tips untuk mengatasi ketidaksukaan seorang pelajar terhadap mata
pelajaran tersebut ?
1. Berdoa
Semakin seriusnya dalam mengikuti proses belajar dan
mengajar sering kali seorang pelajar lupa atau tidak meminta kuasa dari Tuhan,
padahal bila kita memulai sesuatu dengan doa akan membantu kita berharap penuh
kepada sumber segala hikmat, karena hikmat itu hanya berasal dari khalik
pencipta alam semesta. Dengan berdoa pikiran kita akan berpaut dengan sumber
segala hikmat, dengan sendirinya kemampuan berpikir kita akan lebih terfokus
dan sanggup memahami konsep-konsep dari setiap ilmu pengetahuan.
2. Mengenal
hobi
Mengapa seorang pelajar wajib mengenal hobinya, karena
hobi adalah kegemaran, sesuatu yang disenangi dan hampir selalu dilakukan. Jadi seorang
pelajar harus berani memilih jurusan yang sesuai dengan hobinya, dengan
sendirinya setiap mata pelajaran yang ada pada jurusan tersebut pasti menjadi
kesenangannya/kegemarannya, hal ini akan menumbuhkan rasa suka yang akan
mendorong pelajar tersebut untuk dapat menyelesaikan setiap tugas-tugas tanpa
ada rasa tidak senang atau tidak disukai.
3. Kemampuan
beradaptasi
Saat seorang pelajar masuk pada suatu lingkungan yang
baru, kemampuan beradaptasi sangat di andalkan, bila seorang pelajar yang
bawahannya mengalami kesulitan beradaptasi sang pelajar akan mengalami kesulitan
menyesuaikan dirinya dengan lingkungan sekitar termasuk didalamnya teman baru
guru-guru baru dengan berbagai model dalam berkomunikasi, kemauan, program yang
berbeda dari setiap mata pelajaran. Bila pelajar tersebut mampu dengan cepat menyesuaikan
diri dengan keadaan tersebut, maka dipastikan sang pelajar dapat mengikuti setiap
mata pelajar yang diampuh. Sehingga perasaan tidak suka pada pelajaran tersebut
akan hilang dengan sendirinya.
4. Komunikasi
Banyak pelajar memilih berdiam diri dengan segala
perasaan ketidak nyaman dengan kondisi dalam proses belajar dan mengajar, dan
berusaha menghindar dari guru sehubungan dengan kesulitan dalam memahami suatu
topik dalam mata pelajaran tertentu. Dengan membangun komunikasi yang baik
antara pelajar dan guru yang bersangkutan akan mengurangi dan bahkan
menghilangkan rasa ketidaksenangan terhadap mata pelajaran tersebut secara
keseluruhan.
5. Manajemen
waktu
Seorang pelajar yang lahir pintar sekalipun bila tidak
dapat mengatur waktu dengan baik, maka pelajar tersebut akan mengalami
kesulitan untuk memahami mata pelajar dengan baik dan maksimal. Bila
mengandalkan proses tatap muka saja dipastikan tidak cukup, untuk mengurangi
rasa tidak suka maka harus mengasingkan lebih banyak waktu untuk memperdalam
mata pelajaran tersebut, sehingga dengan waktu yang cukup pelajar akan lebih
yakin memahami konsep-konsep penting dari pelajaran tersebut.
(di tulis oleh
: Sem Sahetapy, S.Pd.,M.M. ).
0 Komentar:
Posting Komentar
Berlangganan Posting Komentar [Atom]
<< Beranda